Selasa, 26 Agustus 2008

Berkah Madani Siapkan 5 BMT baru

Selasa, 13 Mei 2008
Depok, (13/05). Komitmen BMT Berkah Madani untuk membantu ekonomi masyarakat kecil semakin kental. Membangkitkan ekonomi masyarakat lemah menjadi target garapan BMT Berkah Madani saat ini.

Rencananya dalam waktu dua bulan kedepan Berkah Madani akan mendirikan 5 BMT baru yang dapat beroperasi ditengah-tengah masyarakat kecil. ”sekarang kami sedang mempersiapkan perangkat-perangkatnya yang dibutuhkan di BMT” ungkap Abdi Irawan, salah satu staf BMT Berkah Madani.

Menurut Abdi, demikian biasa sapa, BMT ini akan didirikan mendakati pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Dua BMT akan didirikan di Sulawesi Barat di daerah perkebunan kelapa sawit, dan masing-masing satu BMT didirikan di Sekitar Bandara Cengkareng, di sekitar pasar tradisional Kebayoran Lama dan Kramat Jati.

Pendirian BMT ini merupakan permintaan masyarakat di sekitar lokasi pendirian BMT tersebut yang menginginkan perekonomian mereka terangkat. Karena Lembaga BMT dianggap dapat mambantu kebutuhan mereka untuk meminjam sejumlah dana. Sementara, jika mereka ke bank belum tentu akan dilayani, karena jumlah pinjaman yang cukup kecil untuk ukuran bank.

Lembaga BMT merupakan solusi untuk sektor usaha mikro. Karena lembaga keuangan mikro inilah yang dapat menjangkau secara langsung masyarakat bawah menengah untuk membantu kelancaran usaha mereka.

”Disamping mendirikan BMT, Berkah Madani diberikan sejumlah tanggung jawab oleh masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar BMT. Jadi mereka meminta kepada Berkah Madani untuk mendampingi mereka dan membantu meningkatkan kualitas usaha yang mereka jalani,” jelas Abdi, ”keberlangsungan usaha mereka akan berimbas pada BMT. Jadi kalau usaha mereka bagus, BMT bakal bagus dan begitu juga sebaliknya.” tambah Abdi.[roel]

Sumber : www.pkesinteraktif.com

Tidak ada komentar: